Senin, 17 Juni 2013

PELATIHAN SIAK DAN SIAKAD BAGI DOSEN DAN KARYAWAN DILINGKUNGAN UNMAS DENPASAR


Universitas Mahasaraswati Denpasar terus meningkatkan pelayanan kepada mahasiswanya. Salah satu terobosan yang dilakukan yakni menerapkan Sistem Informasi Administrasi Keuangan (SIAK) dan Sistem Informasi Administrasi Akademik (SIAKAD) secara online.

Uji coba sudah dilakukan sejak beberapa hari lalu. Untuk itu Senin (17/6) kemarin para Dekan dan Dosen dilingkungan Unmas Denpasar diberi pelatihan soal penggunaan Sistem Informasi Administrasi Keuangan (SIAK) san Sistem Informasi Administrasi Akademik (SIAKAD). Pelatihan dibuka Rektor Unmas diwakili Wakil Rektor I Unmas, Dr. Drs. Anak Agung Putu Agung, M.Si.

Pelatihan diikuti semua dosen di Unmas selama dua hari. Menurut ketua panitia, Ida Bagus Surya Prabawa Manuaba, SH., sistem baru ini bisa diakses oleh mahasiswa, dosen bahkan orang tua mahasiswa. Dengan demikian semua informasi yang masuk di sistem ini bersifat terbuka.

Kemajuan teknologi informasi memacu Unmas Denpasar untuk mampu memberikan pelayanan cepat dan profesional sesuai perkembangan global. Sistem ini didukung sarana dan prasarana yang memadai menjadikan sistem ini bagian dari keunggulan Unmas Denpasar.

Untuk menjalankan sistem ini para dosen harus mampu meng-input dan mengolah serta mengambil data di SIAK dan SIAKAD. Karena itu, kini semua dosen diwajibkan memiliki kemampuan di dua bidang ini.

Sistem ini di-backing oleh database dan data simpanan. Dengan demikian tidak akan ada kehilangan data dan sistem ini juga dapat diakses di Unmas Gianyar untuk meningkatkan pelayanan keuangan dan akademik bagi mahasiswa Unmas.

SIAK dan SIAKAD merupakan salah satu bentuk transparansi keuangan internal di Unmas dan bentuk pertanggungjawaban Unmas kepada masyarakat sebab transparansi ini juga menyangkut sistem nilai akademik bagi mahasiswa.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar